Mei 17, 2014

Goa Liang bakul di Mahaniwa

Penampakan goa Liangbakul dari dalam
Salah satu pesona di kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yang selama ini belum di ekspos adalah goa Liang bakul. Liang bakul dalam bahasa Sumba diartikan goa besar, terdiri dari kata Liang berarti goa dan bakul berarti besar. Memang nama tersebut tepat dengan penampakan aslinya jika kita melihat dari dekat.

Goa Liang bakul terletak di hutan Mahaniwa pada koordinat S10˚01'18.3"E120˚09'45.7”; dan berada pada ketinggian 880 mdpl. Merupakan Goa vertikal yang memiliki mulut goa ± 20 meter, kedalaman ± 8 meter dengan panjang lorong goa mencapai ± 100 meter lebih.

Lokasi goa Liangbakul termasuk di dalam wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) I Tabundung, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Bagi para pecinta caving maka goa ini dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi karena memiliki panorama yang indah. Terutama panorama yang terlihat pada saat siang hari dimana cahaya matahari menerangi mulut goa.


Terdapat pula ornamen-ornamen goa berupa stalaktit dan stalagmit yang masih aktif. Tinggi stalagmit mencapai 2 meter lebih dan goa ini menjadi habitat bagi kelelawar. Jika kita masuk kedalam maka akan terlihat ribuan kelelawar dengan suara riuh mirip air terjun. 

Untuk mencapainya dapat ditempuh dari Waingapu menuju desa Mahaniwa, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki selama ± 1 jam perjalanan. Sekilas gambaran tentang perjalanan menuju lokasi dapat dilihat pada video amatir berikut :


Salam Konservasi !
Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger