Juli 05, 2014

Patroli Rutin Resort Tawui

Hutan Wanggabewa sebagai salah satu blok hutan dalam lingkup SPTN Wilayah I Tabundung, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti kaya akan potensi sumberdaya alam baik flora dan fauna. Namun ancaman dan gangguan terhadap potensi tersebut cukup rawan terjadi. Hal ini dilatar belakangi oleh letak kawasan yang berhimpitan langsung dengan masyarakat, sehingga akses masyarakat masuk kedalam kawasan diperkirakan masih cukup tinggi.

Terkait dengan kondisi tersebut diatas perlu dilakukan suatu tindakan nyata sehingga terlepas dari ancaman kerusakan serta gangguan yang mengarah pada pelanggaran di bidang kehutanan. Salah satu tindakan nyata tersebut adalah melalui patroli rutin dan dilaksanakan setiap bulan namun waktu operasional di lapangan secara acak disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

Dilakukan dengan pengumpulan data dan informasi mengenai kondisi terkini sebagai upaya preventif guna menjaga eksistensi kawasan hutan dari ancaman dan gangguan, khususnya di kawasan hutan Wanggabewa. Upaya ini diharapkan mampu meminimalisir terjadinya ancaman dan gangguan sehingga keberadaan potensi flora fauna dan potensi lainnya didalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti tetap terjaga dan lestari.
 
Salam Konservasi !
Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger