Agustus 03, 2013

Pembentukan Kader Konservasi Angkatan 2013


Kader Konservasi BTNLW Angkt 2013
Dewasa ini persoalan persoalan bidang kehutanan, khususnya di kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti semakin meningkat seiring dengan perkembangan jumlah penduduk di sekitar kawasan. Kelestarian sumberdaya alam dalam kawasan semakin terancam dan tidak menutup kemungkinan akan mengalami kerusakan akibat desakan ketergantungan masyarakat terhadap hutan. 

Berbagai upaya telah dilakukan Balai Taman Nasional Laiwangi Wanggameti dengan tujuan agar persoalan persoalan tersebut tidak sampai mengganggu eksistensi kawasan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat/generasi muda untuk menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan. Dilatar belakangi oleh hal tersebut maka dilakukan pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula yang selanjutnya diharapkan dapat berperan serta sebagai penggerak penyebarluasan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat luas.

Tujuan dari terselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai berikut :
  1. Memberikan wawasan dan pengetahuan tentang keberadan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.
  2. Meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti serta mampu menyampaikan pesan-pesan konservasi kepada masyarakat luas.
Kegiatan pembentukan Kader Konservasi Tingkat Pemula Angkatan 2013 ini dilaksanakan di Kantor Resort Tawui, SPTN Wilayah I Tabundung. Diikuti oleh peserta dari SMPN 1 Pinupahar dengan jumlah 30 orang dengan materi yang disampaikan berjumlah 25 JPL.  Materi tersebut terdiri dari Pembangunan Bidang Kehutanan Indonesia secara umum dan permasalahannya, Pengelolaan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, Dasar-dasar Konservasi Sumberdaya Hutan,  Pembinaan Cinta Alam, Kepemimpinan Kader Konservasi dalam kampanye kelestarian hutan dan lingkungan, Pengenalan flora fauna di dalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, Wisata Alam, PPPK dan Pengenalan GPS.  

Di penghujung acara dilakukan penanaman semai Mahoni (Swietenia mahagoni) di SMPN 1 Pinupahar. Acara menanam ini dilakukan sebagai langkah nyata untuk menanamkan jiwa konservasi pada Kader Konservasi Angkatan 2013 yang baru terbentuk. Akhirnya semoga Kader Konservasi Angkatan 2013 ke depan dapat berperan aktif dalam menyampaikan pesan dan tindakan konservasi demi kelestarian hutan, lebih khususnya kelestarian kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. 

Salam Konservasi…!
    




Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger