Mei 02, 2013

Goa Laikanggohu

Terletak di dalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti sebagai salah satu potensi Objek dan Daya Tarik Wisata Alam yang menarik untuk dikunjungi dalam rangka study tour atau penelitian. Lokasi goa Laikanggohu tidak jauh dari La Pahar berada di blok hutan Ramuk pada koordinat  S10°2'33.02" E120°7'48.10". Untuk menuju lokasi Goa Laikanggohu dapat ditempuh dengan berjalan kaki mulai dari desa Ramuk selama ± 6 jam perjalanan dibawah rindangnya kelompok hutan Laiwangi. 
Lokasi Goa Laikanggohu
Di tengah perjalanan, bagi para pecinta burung dapat menjumpai keindahan berbagai macam jenis burung diantaranya endemic Sumba yaitu Bayan Sumba (Eclectus roratus), Walik rawamanu (Ptilonopus dohertyi), Kakatua jambul jingga (Cacatua sulphurea citrinocristata) dan masih banyak lagi yang lain.


Goa Laikanggoku memiliki mulut goa dengan ukuran ± 5 meter dengan kondisi fisiologi semakin ke dalam makin menyempit. Panjang goa pada arah horizontal adalah 15 meter, selanjutnya ditemui lorong goa arah vertical dengan diameter ± 2 meter dengan kedalaman diperkirakan lebih dari 10 meter. Didalamnya terdapat ornamen-ornamen goa berupa stalaktit dan stalakmit yang menarik. Stalaktit terbentukdari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral.  

Goa Laikanggohu tampak depan
Berdasarkan hasil penggalian informasi dari masyarakat, konon kabarnya lorong goa Laikanggoku tembus hingga pantai Lailunggi (Samudera Indonesia). Asal mula pemberian nama Laikanggohu dikarenakan pada saat air laut pasang di pantai Lailunggi, maka akan terdengar deburan air di dalam goa tersebut. Selain itu nenek moyang masyarakat setempat konon pernah menenggelamkan sebuah perahu di dalam goa selanjutnya perahu tersebut di temukan di pantai Lailunggi.


Goa Laikanggohu tampak dari dalam
Goa Laikanggohu mungkin bisa menjadi salah satu pilihan bagi anda yang gemar berpetualang di bidang caving. Namun diharapkan harus benar -benar berpengalaman dibidangnya. Dikarenakan kondisi goa Laikanggohu masih sangat alami dan sangat jarang tersentuh oleh aktifitas manusia. 




Salam Konservasi…!
Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger