Maret 15, 2013

Mata air Kabanda

Mata air ini biasa disebut masyarakat sekitar sebagai mata air Kabanda dan terletak di di dalam  kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti yakni di Kelompok Hutan Wanggabewa tepatnya di hutan Kabanda. Terletak pada koordinat  Latitude 10° 7'7.33"S Longitude 120° 7'13.97"E termasuk dalam wilayah kerja Resort Tawui, SPTN WIlayah I Tabundung, Balai Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. 

Lokasi mata air Kabanda

Tidak jauh dari mata air ini terdapat perumahan masyarakat yang sudah ada jauh sebelum Taman Nasional Laiwangi Wanggameti terbentuk. Rumah-rumah yang ada beserta masyarakat di dalamnya tersebut merupakan bagian dari desa Wanggabewa dan menjadi salah satu dusun yaitu dusun Kabanda.

Mata air Kabanda secara faktual berada di pinggir sungai kecil dengan di sekelilinganya banyak terdapat bebagai jenis tumbuhan, salah satunya contohnya adalah pohon Mara (Tetrameles nudiflora). Debit air tidak terlalu besar namun berdasarkan informasi yang ada menyatakan bahwa mata air Kabanda tersebut terus mengalir sepanjang tahun dan tidak pernah mati walau pada musim kemarau sekalipun. Air mengalir dengan warna yang jernih sehingga dimanfaatkan oleh masyarakat dusun Kabanda untuk keperluan sehari-hari misalnya untuk keperluan air minum.


Sumber mata air Kabanda

Sebagai salah satu potensi jasa lingkungan yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, mata air Kabanda memberikan manfaat yang sangat berarti bagi masyarakat di sekitarnya. Sehingga masyarakat tersebut diharapkan dapat memanfaatkan mata air Kabanda secara bijak, yaitu memanfaatkan dengan tetap memperhatikan kelestariannya guna menjaga keseimbangan ekologis serta dapat dimanfaatkan untuk generasi-generasi selanjutnya di masa depan.

Salam Konservasi !
Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger