Februari 07, 2013

Ular Hijau Ekor Merah (Trimeresurus albolabris insularis )


Jenis ular ini dapat ditemui hampir diseluruh kawasan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, salah satunya adalah di hutan Mahaniwa. Mencari makanan berupa serangga, katak, burung dan mamalia kecil dengan dibantu oleh lidahnya sebagai sensor panas untuk menerkam mangsanya.
 
Trimeresurus albolabri insularis


Secara Taksonomi ular hijau ekor merah diuraikan sebagai berikut :
Kerajaan            : Animalia
Filum                 : Chordata
Kelas                 : Reptilia
Ordo:                 : Squamata
Famili                : Viperidae
Genus               : Trimeresurus
Spesies            : Trimeresurus albolabris
Sub Spesies      : Trimeresurus albolabris insularis (Kramer, 1977)

Ciri yang menonjol pada jenis ular ini adalah seluruh tubuh berrwarna hijau pupus dengan bentuk kepala segitiga dan memiliki ekor berwarna merah tua. Ukuran panjang mencapai 104 cm dengan diameter tubuh lebih kurang 2,5 cm. Perkembang-biakannya dengan cara beranak (viviparous), betina akan melahirkan sekitar 25 ekor.

Umumnya ular ini aktif di malam hari (nocturnal) dan sering merambat di ranting pohon (arboreal) dan di lantai hutan (terrestrial). Dalam kondisi terancam, ular ini seringkali mengangkat kepalanya untuk siap menyerang dan mampu bergerak agresif. 

Walaupun memiliki ukuran tubuh yang kecil, jenis ular ini sangat berbahaya. Jenis ular ini memiliki racun yang mengandung Hemotoksin  sehingga dapat merusak peredaran darah manusia, apabila tergigit dan tidak segera diobati dapat mengakibatkan kematian. 

Salam Konservasi !




Flag Counter
 

Copyright © Resort Tawui TN MATALAWA Design by O Pregador | Blogger Theme by Blogger Template de luxo | Powered by Blogger